Anti Gagal! Ini Cara Agar RPP Bisa Mencapai Ketuntasan Pemahaman Siswa

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru. Rencana pembelajaran ini memuat berbagai hal mulai proses dari awal hingga akhir seorang guru menyampaikan materi.

RPP ini dapat menjadi patokan bagaimana siswa akan menerima sesuatu yang disampaikan oleh guru. Lalu bagaimana caranya agar rencana pembelajaran dapat mencapai pemahaman yang diinginkan? Berikut diantaranya.

Alokasi Waktu

Alokasi merupakan hal yang wajib ada dalam RPP. Seorang guru harus memperkirakan berapa lama pertemuan yang dibutuhkan untuk menyampaikan materi sesuai dengan kemampuan siswa. Jika suatu materi dirasa cukup mudah, maka guru bisa mematok waktu yang tidak cukup lama.

Namun jika materi yang akan disampaikan dirasa cukup sulit untuk siswa, maka guru bisa mengalokasikan waktu lebih lama agar materi diserap dengan baik oleh siswa. Alokasi waktu yang tepat akan membantu siswa memahami dengan baik.

Metode Pembelajaran

Guru harus memilih metode pembelajaran apa yang tepat digunakan untuk materi yang akan disampaikan. RPP harus memuat metode pembelajaran sekaligus langkah-langkahnya sehingga bisa memperkirakan bagaimana pencapaian siswa pada akhir pembelajaran. Ingat, metode yang digunakan harus sesuai dengan materi. Jangan sampai metode yang digunakan melenceng jauh dari materi sehingga siswa tidak dapat mencapai ketuntasan dalam pemahaman yang diharapkan.

Penilaian

Terakhir, setiap RPP harus mengandung bagaimana metode penilaian yang dipilih oleh guru untuk mengukur pencapaian para siswanya. Penilaian ini bisa berupa tes tulis, tes lisan, pengamatan, portofolio dan sebagainya. Melalui penilaian ini, guru bisa membantu siswa meraih ketuntasan pemahaman sesuai dengan ketentuan.

Penilaian ini menjadi suatu sarana yang tepat untuk memotivasi siswa meningkatkan pemahamannya terhadap materi yang disampaikan. Setiap siswa yang menginginkan nilai baik pasti akan berusaha agar dirinya bisa mencapai nilai tersebut. Jadi, ini bagian yang efektif untuk memotivasi siswa agar meningkatkan pemahaman.

Hal-hal tersebut harus diperhatikan dengan benar jika guru ingin meraih ketuntasan pemahaman pada siswanya. Setiap RPP yang baik, tentu mengandung hal-hal yang terstruktur demi meraih tingkat pemahaman yang tinggi. Siswa yang mempunyai pemahaman tinggi tentu akan menunjukkan hasil belajar yang memuaskan.

sumber : Percetakan Online

Mungkin Anda juga menyukai