Beragam Jenis Loyang Yang di Pakai Dalam Pembuatan Roti

Bagi yang lagi semangat membuat kue pastinya akan mencari berbagai kelengkapannya mulai dari bahan, cara bikin hingga peralatan yang dipakai seperti loyang.

Loyang punya peranan penting sekali dalam membuat kue. Salah satunya adalah untuk menyusun adonan kue mentah sebelum di oven. Pemilihan bentuk sendiri ini tak bisa sembarangan disesuaikan dengan jenis makanan yang dipilih.

Loyang sendiri punya banyak jenisnya sehingga dalam pemilihannya jangan sampai salah. Supaya tidak salah pilih yuk baca artikel di bawah ini tentang jenis dan kegunaannya. 

1. Baking dish

Loyang yang bentuknya pipih pada bagian samping ada pembatasnya yang berguna menahan semua adonan bila jatuh. Memiliki tinggi kurang lebih 3 cm dengan ukuran 30 x 20 cm sehingga saat digunakan memanggang akan maksimal hasilnya.  Untuk mendapatkannya ini mudah loh, hanya datang ke pasar atau toko bahan kue biasanya ada. Seringnya dipakai untuk memanggang kue kering. Coba cari orang yang jual kue kering lebaran pasti akan memilih jenis ini. 

2. Roll pan

Secara fisik tak berbeda jauh dari baking disk. Namun tetap ada bedanya, yang mana pada permukaannya ini bergelombang. Memiliki tinggi 2.5 cm. Sering sekali dipakai dalam pembuatan bolu gulung. 

3. Bundt pan

Jenis loyang ini sangat cocok dipakai ketika membuat chiffon cake. Loyang yang secara fisik pada bagian tengahnya ini ada lubangnya. Dengan adanya lubang ini membuat panas yang ada semakin rata penyebarannya. Sehingga kue akan bagus sekali mengembang. 

4. Cake pan

Sebuah loyang yang bisa dikatakan familiar sekali karena sudah sering melihatnya.  Beragam jenis kue bisa di bikin di sini mulai kue lapis, bolu marmer, cheese cake. Bentuknya pun macam – macam ada yang persegi panjang, bulat, bentuk hati, persegi dll. 

5. Tart pan

Suka kue pie?? Nah loyang yang dipakai ya jenis ini. Pada bagian sisi – sisinya bergerigi. Uniknya pada bagian bawah bisa dilepas sehingga membuat mudah sekali dalam mengeluarkan kuenya dari teflon yang ada. Ukurannya pun beragam sekali. Jadi ini hanya pilihan anda saja. 

6. Loyang muffin

Loyang jenis ini bisa digunakan untuk membuat cupcake dan muffin. Pada 1 loyang ini bisa terdiri dari 6 – 13 lubang dengan diameter 8 cm setiap lubangnya. 

Untuk memakai loyang ini yang perlu lakukan adalah loyang harus diberi alas kertas yang gunanya saat kuenya matang akan mudah diangkat. 

7. Bread pan

Memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran 30 x 15 x 10 yang banyak digunakan dalam pembuatan roti tawar seperti yang ada di toko roti velavinkabakery.com. Baik yang klasik atau biasa. 

8. Pizza pan

Jenis loyang ini hanya bisa digunakan untuk membuat pizza saja, yang memiliki diameter berbeda – beda dengan tinggi sekitar 1 cm

9. Spring form pan

Loyang yang pada bagian sampingnya bisa di kunci yang bisa dibongkar pasang dengan diameter 20 cm x 10 cm. Seringnya dipakai dalam pembuatan puding. 

 

Mungkin Anda juga menyukai