Jenis-Jenis Percetakan Yang Ada

Perusahaan percetakan yang kita kenal hingga saat ini memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya. Percetakan merupakan sebuah jenis usaha mencetak teks maupun gambar dengan bahan tinta di atas media yang telah ditentukan.

Ada berbagai jenis tinta, media, dan mesin percetakan. Dan hal-hal tersebut menyebabkan nama dari jenis percetakan tersebut juga berbeda.
 

Apa pentingnya mengetahui jenis-jenis percetakan?

Yang pertama, karena akan membuat efisiensi waktu. Anda tidak perlu kesana kemari menghabiskan waktu menghampiri jenis percetakan yang tidak seharusnya anda datangi. Kemudian anda juga akan hemat biaya bensin. Selain itu, anda dapat menghemat tenaga serta tidak malu di hadapan para klien lainnya.

Apa Saja Jenis-Jenis Percetakan Yang Harus Saya Tahu?

Sebuah percetakan pastinya memiliki ukuran yang bervariasi. Di kota Surabaya sendiri, percetakan besar juga ada cukup banyak. Percetakan terbesar Surabaya tersebut mudah ditemukan karena memang cukup terkenal.

Berikut ini berbagai jenis percetakan yang perlu anda ketahui :

  • Percetakan digital

Jika kalian pernah mencetak stiker, spanduk, dan yang semacamnya, yang kalian datangi adalah percetakan digital. Percetakan jenis ini merupakan yang cukup terkenal, dan ada banyak percetakan besar di Surabaya yang juga termasuk dalam percetakan digital. Mungkin kalian pernah dengan Famous Printing Surabaya atau Printing Harvest Surabaya. Keduanya cukup terkenal di Surabaya

  • Percetakan Offset

Percetakan yang satu ini merupakan jenis percetakan yang juga begitu familiar di lingkungan sekitar kita. Percetakan tersebut biasanya yang kita lihat di dekat lingkungan akademis, dan lebih terfokus pada percetakan bermediakan kertas. Percetakan-percetakan besar di Surabaya juga banyak yang menggunakan jenis offset.

  • Sablon

Sablon merupakan suatu jenis percetakan khusus. Biasanya, media dari sablon adalah kain, plastik, dan juga kertas. Sablon merupakan solusi para perusahaan pakaian untuk mencetak motif pada produk mereka. Pemesanan yang dilakukan di sablon harus dalam jumlah banyak, dan jarang sekali ada sablon yang menerima pesanan bijian.

  • Rotogravure

Jenis percetakan yang satu ini memang kurang dikenal, namun memiliki dampak yang begitu besar di dunia industri. Biasanya, teknik Rotogravure digunakan oleh para perusahaan untuk mencetak kemasan produk mereka. Ada dua jenis teknik dari Rotogravure.

Diantaranya adalah dengan mencetak tinta di atas media plastik. Teknik yang lainnya adalah dengan mencetak tinta dengan lapisan bahan plastik lainnya.

  • Flexo

Salah satu jenis teknik percetakan yang disebut dengan Flexo ini merupakan teknik mencetak dengan menggunakan bahan yang bentuknya roll. Percetakan flexo memiliki berbagai keunggulan yaitu harga tinta yang jauh lebih murah daripada tinta printer offset. Selain itu, bahan tinta yang berbentuk seperti roll mampu menghemat bahan serta ramah lingkungan.
 

Nah, dari kelima jenis percetakan yang telah kami sebutkan di atas, kalian tinggal menyesuaikan sesuai dengan yang kalian inginkan saja. Perhatikan jenis percetakan apa yang akan dibutuhkan oleh perusahaan anda. Media dan jenis tinta seperti apa yang kira-kira akan dibutuhkan untuk proses mencetak.

Jika anda sudah mengetahuinya, barulah cari informasi mengenai percetakan paling bagus di Surabaya untuk selanjutnya kalian datangi. Demikian berbagai informasi mengenai jenis-jenis percetakan serta tips memilih percetakan. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai