Mengenal Durian Bawor Pesaing Berat Durian Montong

ika anda pencinta durian pasti anda mengenal durian montong asal thailand.  Tapi pernahkah anda mendengar nama durian bawor? Durian bawor merupakan durian unggul asli Indonesia yang memiliki bentuk, ukuran, dan buah sama seperti durian montong. Yang membedakan durian bawor dengan durian montong adalah rasanya. Durian bawor memiliki rasa khas durian Indonesia, yaitu, manis, legit, dengan sedikit rasa pahit. Rasa pahit inilah yang disukai pencinta lokal Indonesia.

Berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, durian bawor merupakan varietas durian baru hasil gabungan dari berbagai macam jenis durian unggul lokal dan impor dengan menggunakan teknik okulasi, oleh seorang petani durian bernama Sarno Ahmad Darsono. Butuh waktu yang cukup lama bagi Sarno untuk menghasilkan durian bawor. Tapi usahanya tidak sia-sia, pada tahun 2004 Sarno berhasil mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wira dari Presiden sebagai Petani Penangkar Durian.

Saat ini durian bawor sudah sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar. Terbukti di tahun 2020 ini, hasil dari beberapa wawancara dengan penjual bibit didaerah Jawa Tengah, lebih banyak yang menyediakan bibit durian bawor dibanding yang jual bibit durian montong. Hal ini karena keunggulan serta keistimewaan yang dimiliki oleh durian ini. Lalu apa saja sebenarnya keunggulan dari durian asli Banyumas ini.

1. Citarasa

Walaupun memiliki karakteristik seperti durian montong, tapi citarasa durian bawor berbeda dengan durian montong. Rasa durian bawor manis, legit dengan sedikit pahit khas rasa durian lokal Indonesia. Rasa pahit inilah yang sangat diminati oleh kebanyakan pencinta durian nusantara. Selain itu daging buah durian bawor lebih berminyak sehingga semakin memberikan sensasi nikmat saat dimakan.

2. Ukuran yang besar

Sama seperti durian montong, durian bawor memiliki ukuran buah yang besar dengan berat rata-rata 6 sampai 9kg/buah. Tapi durian bawor pernah mencapai ukuran maksimal dengan berat 15kg/buah lebih besar dari ukuran maksimal yang bisa dicapai durian montong. Durian montong tercatat hanya pernah mencapai berat maksimal 10 sampai 13kg.

3. Daging buah yang tebal

Daging buah durian bawor terkenal tebal dengan ukuran biji yang kecil dan gepeng. Selain itu daging buah durian bawor sangat lembut dan memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat semakin menambah kenikmatan setiap kali menyantap durian ini.

4. Memiliki akar dan pohon yang kokoh

Pohon durian bawor tidak terlalu tinggi sehingga bisa ditanam di pekarangan rumah. Untuk ukuran pohon yang sudah dapat berbuah tingginya hanya sekitar 2 sampai 3 meter, dengan ukuran seperti itu akan sangat memudahkan saat masa panen. Selain itu akar pohon durian bawor memiliki cabang seperti pohon bakau. Akar tersebut dapat menyimpan makanan dan nutrisi yang sangat banyak sehingga pohon durian bawor memiliki kelebihan seperti tahan terhadap bencana alam banjir, tanah longsor maupun terpaan angin kencang. Dengan akar yang dapat menyimpan cadangan makanan yang banyak membuat pohon durian bawor tahan terhadap cuaca kering. Dan juga dengan banyaknya kandungan nutrisi yang tersimpan dalam akar pohonya akan mempengaruhi rasa buahnya. Semakin banyak nutrisi yang terkandung di dalam akarnya semakin mantap rasa buah yang dihasilkan.

5. Genjah

Durian bawor memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat. Pada usia tiga tahun setelah penanaman, durian ini sudah bisa berbuah dan dapat dipanen. Berbeda dengan jenis durian lain yang membutuhkan waktu 5 sampai 6 tahun untuk dapat berbuah. Bahkan pada usia lima tahun setelah masa tanam, pohon durian bawor bisa menghasilkan durian sebanyak 100kg dengan berat rata-rata 4 sampai 5kg perbuah dan dapat mencapai berat maksimal 15kg perbuah.

Bukan hanya cepat dan menghasilkan buah yang banyak, Pohon durian bawor dikenal bisa berbunga sepanjang tahun sehingga dalam satu tahun pemilik pohon durian bawor bisa melakukan panen sebanyak tiga kali.

6. Harga yang Murah

Walaupun memiliki begitu banyak keunggulan dan keistimewaan. Harga buah maupun harga bibit durian bawor dibandrol seperti harga durian lokal kebanyakan. Murah dan sangat terjangkau. Berbeda dengan saingannya yaitu durian musangking dan durian montong yang memiliki harga tinggi. Dengan harga yang terjangkau membuat siapapun bisa menikmati rasa lezat dari durian lokal asli Banyumas ini.