Model Mimbar Masjid yang Beragam Motif dan Ukuran

Model Mimbar Masjid kini beraneka ragam bentuk dan ukurannya. Model yang disesuaikan dengan kebutuhan majelis ilmu yang ada pada masjid tersebut. Walaupun bentuknya beraneka ragam tetapi tetap terkesan elegan.

Mimbar masjid menjadi suatu hal yang penting. Dengan mimbar masjid para jamaah dapat dengan jelas melihat kepada penceramah. Demikian pula sebaliknya penceramah dapat melihat langsung kepada jamaahnya.

Ada beberapa model mimbar masjid yang saat ini banyak digunakan, seperti.

  • Model kubah

Mimbar ini berukuran relatif besar. Bentuk mimbar berukuran segi empat ini dilengkapi dengan kubah pada bagian atasnya. Kubah ini dibuat menyerupai kubah masjid. Di sekelilingnya diberi ukuran kaligrafi.

Pada beberapa mimbar masjid jenis ini diberikan kursi untuk penceramah duduk. Kursi sengaja dibuat agak tinggi agar jamaah yang hadir tetap dapat melihat penceramah walaupun dalam posisi duduk.

Mimbar jenis ini cocok digunakan untuk masjid dengan ukuran besar, karena membutuhkan banyak ruang untuk meletakkannya. Biasanya jumlah jamaahnya yang hadir pun terbilang banyak. Ukuran mimbar ini biasanya 90 x 60 x 130 centi meter.

  • Model minimalis

Mimbar masjid yang satu ini juga berbentuk segi empat dengan empat sisi. Pada bagian belakang dibiarkan terbuka. Ukuran mimbar ini biasanya menggunakan ukuran standar, yaitu 70 x 40 x 122 centimeter.

Model mimbar yang satu ini juga tidak banyak menggunakan tulisan kaligrafi. Sisi kanan dan sisi kiri umumnya dibiarkan polos dengan warna kayu alami. Hanya pada bagian depan atas diberikan hiasan kaligrafi.

Penggunaan mimbar ini biasanya untuk masjid berukuran sedang, dengan jumlah jamaah yang tidak terlalu banyak. Masjid ini membutuhkan ruangan yang tidak terlalu besar. Ini banyak digunakan di masjid perumahan.

  • Model podium

Model mimbar yang satu ini lebih sederhana. Hanya menggunakan sebuah lempeng kayu yang didesain indah lalu diletakkan pada kaki berbentuk segi empat untuk menopangnya agar bisa berdiri.

Pada bagian atas terdapat meja untuk meletakkan tangan dan berbagai alat tulis lainnya. Ukuran mimbar masjid ini sangat kecil. Pada bagian atas umumnya berukuran 40 x 40 centi meter sedangkan pada bagian bawah umumnya berukuran 50 x 50 centimeter.

Tiang podium atau bagian tengah podium umumnya berukuran lebar 25 centimeter dengan tinggi atau panjang sekitar 115 centimeter. Mimbar ini selain digunakan di masjid, sering juga digunakan untuk berbagai acara resmi lainnya.

Anda yang saat ini sedang mencari model mimbar yang sesuai dengan kondisi masjid dan jumlah jamaah dapat memilih dari tiga model standar ini. Atau jika anda menginginkan ukuran yang berbeda dapat membuat secara custom.

Menggunakan mimbar yang indah dapat membuat jamaah yang hadir lebih bersemangat. Selain itu anda juga telah ikut melestarikan budaya melalui kaligrafi dan ukiran yang ada pada mimbar masjid.

Mungkin Anda juga menyukai